Kamis, 03 Mei 2018

Studi Pendirian PT di Manggarai Timur

Ringkasan Hasil Studi Kelayakan Pendirian PT di Kab. Manggarai Timur

Pendidikan berkait erat dengan kebangkitan ekonomi nasional karena mampu melahirkan SDM berkualitas, yakni yang memiliki pengetahuan dan keterampilan serta menguasai teknologi. Pendidikan Tinggi berperan menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif dengan keterampilan khusus yang dibutuhkan dalam berbagai sektor ekonomi, memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi, sehingga mampu untuk terus memperbaharui struktur ekonomi dan sosial yang relevan dengan perubahan dunia.  PT berperan dalam meningkatkan jumlah dan mutu penelitian yang memungkinkan suatu negara untuk memilih, menyerap, dan menciptakan pengetahuan baru secara lebih cepat dan efisien dibanding yang ada sekarang.
Menghadirkan sebuah Perguruan Tinggi di Kabupaten Manggarai Timur bisa menjadi solusi  untuk menjawab kondisi kekinian maupun menghadapi persaingan kedepannya. Merujuk kondisi potensi lokal dan tuntutan persaingan kedepannya maka kehadiran PT menjadi prioritas dan menjadi komitmen Pemerintah Daerah bertanggung jawab atas HAK masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang layak. Analisis SWOT merekomendasikan bahwa mendayagunakan seluruh kekuatan dan peluang yang tersedia untuk mendirikan dan mengembangkan lembaga pendidikan tinggi yang  berbasis STEM di bidang pertanian dalam pengertian yang luas untuk  peningkatan SDM guna mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi wilayah.
Berbagai faktor yang menjadi pertimbangan dalam merekomendasikan pemilihan jenis dan bentuk kelembagaan serta program studi yang akan dibangun berdasarkan pertimbangan; kondisi eksisting sosial budaya, yuridis formal, potensi sumberdaya alam, kemampuan daerah, kebutuhan masyarakat, daya saing, prospek pasar kerja dan peluang keberlanjutan di Kabupaten Mnggarai Timur. Berdasarkan berbagai pertimbangan diatas maka maka dinyatakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dengan segenap dukungan dari stakeholder-nya; LAYAK mendirikan [membentuk] perguruan tinggi berbentuk INSTITUT di wilayah Kabupaten Manggarai Timur.
Jenis rumpun ilmu diharapkan berupa ilmu TERAPAN dengan JENIS PENDIDIKAN TINGGI berupa AKADEMI DAN VOKASI. Sedangkan JENIS PROGRAM yang diharapkan adalah DIPLOMA III [D3] & SARJANA TERAPAN [S.—Tr] dengan SPESIFIKASI PEMINATAN DALAM KELOMPOK ILMU TERAPAN berupa SAINS DAN TEKNOLOGI PERTANIAN. Bentuk Perguruan Tinggi yang direkomendasikan adalah berbentuk Instituk dengan focus pada STEM sehingga penamaannya menjadi INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI PERTANIAN. Terdapat 15 [lima belas] program studi yang dikelompokkan dalam 4 [empat] fakultas, yaitu;
[1]  Fakultas Sains dan Teknologi Pertanian, dengan jenis program studi; [1] Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura, [2] Teknologi Produksi Tanaman Pangan, [3] Teknologi Hasil Perkebunan, [4] Agribisnis Pangan, [5] Teknologi Mekanisasi Pertanian, [6] Pengelolaan hasil hutan, dan [7] Ekowisata.
[2]  Fakultas Sains dan Teknologi Peternakan, dengan jenis program studi; [1] Teknologi produksi ternak, [2] Teknologi pakan ternak, dan [3] Teknologi pengolahan hasil ternak.
[3]  Fakultas Sains dan Teknologi Perikanan, dengan jenis program studi; [1] Pengolahan dan Penyimpanan hasil perikanan, dan [2] Teknologi Kelautan.
[4]  Fakultas Sains dan Informatika, dengan jenis program studi; [1] Matematika, [2] Teknologi Informasi, dan [3] Ilmu Komputer.
Pemerintah daerah dan segenap stakeholder terkait segera melakukan rencana tindak lanjut yaitu; [1] Penguatan Komitmen segenap Stakeholder [Sosekbud], [2] Pengawalan Kebijakan dan Dukungan Politik [advokasi dan lokakarya], [3] Konsolidasi Pembentukan Lembaga Badan Pengelola [Penguatan jika sudah ada], [4] Penyiapan Penganggaran, [5] Pembentukan Tim Pendiri, [6] Persiapan Teknis dan Administratif Kelembagaan PT [Prakondisi], [7] Penyusunan Dokumen Persyaratan [Kelengkapan] Perizinan, [8] Proses [dan Pengawalan] Perizinan, dan [9] Pendirian, Peluncuran dan Pelaksanaan Perkuliahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar